Profile Perusahaan

Company Profile Page-1

PT Bumi Teknokultura Unggul Tbk. (“Perseroan”) didirikan berdasarkan Akta Notaris Rusman, S.H., Notaris pengganti Elliza Asmawel, S.H., No. 12 tanggal 6 Juni 2001 dan diubah dengan Akta Notaris Elliza Asmawel, S.H., No. 10 tanggal 5 Maret 2002. Akta pendirian tersebut telah disahkan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Surat Keputusan No. C-06880. HT.01.01. TH.2002 tanggal 23 April 2002 dan telah didaftarkan di Kantor Pendaftaran Perusahaan Kota Madya Jakarta Selatan No.880/ BH.09.03/V/2002 tanggal 7 Mei 2002, serta telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 80 tambahan No.9565 tanggal 7 Oktober 2003.

Anggaran Dasar Perusahaan telah mengalami sejumlah perubahan, terakhir dengan akte notaris dari Desman, S.H., M.Hum., M.M., No 48 tanggal 9 Juni 2015 sehubungan dengan perubahan seluruh Anggaran Dasar dalam rangka memenuhi ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Akta tersebut telah disahkan sesuai dengan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No.AHU-0938900.AH.01.02 Tahun 2015 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perusahaan.

Ruang lingkup kegiatan Perusahaan berdasarkan pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan adalah mencakup bioteknologi pertanian, Hak Perusahaan Hutan (HPH), Hutan Tanaman Industri (HTI) dan Perdagangan. Kantor pusat Perusahaan beralamat di Rukan Komplek Permata Senayan, Blok E No. 38 Jl. Tentara Pelajar Jakarta Selatan 12210, sedangkan lokasi kegiatan usaha berada di Jl. Raya Otonom, Pasar Kemis, Cikupa, Tangerang.Perusahaan mulai melakukan kegiatan komersialnya pada bulan Juni 2001.

Awalnya, Perseroan bergerak dalam bidang bio teknologi pertanian, dewasa ini fokus kegiatan utama Perseroan adalah pembibitan baik untuk tanaman kehutanan, tanaman pangan, tanaman obat-obatan, tanaman hias tropis, pembalakan kayu (HPH), serta perdagangan kayu bulat (log).

Dengan tetap melakukan pengembangan usaha di bidang kehutanan, pada tahun 2015 Perseroan merencanakan mengambil-alih (akuisisi) sejumlah perusahaan yang miliki ijin pengusahaan hutan, ijin Industri Kayu Lapis dan ijin Hutan Tanaman Industri (Forestry Estate).

Pada tahun 2016 Perseroan mengambil-alih saham Golden Harvest Cocoa PTE. LTD sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan biji kakao menjadi bahan baku untuk industri consumer goods.

Dalam upaya menjadi yang terbaik dalam mengelola kawasan hutan secara berkelanjutan melalui praktik manajemen pengembangan dan penelitian, Perseroan memiliki misi untuk mengembangkan unit pengelolaan multi forest menjadi terintegrasi, meningkatkan hasil panen dari hutan dan perkebunan melalui penelitian dan pengembangan dan penerapan teknik pengelolaan hutan dan industri kayu, praktik kehutanan dan manufaktur yang bertanggung jawab secara berkelanjutan dan seimbang.

Dalam menghadirkan pasokan yang terpercaya bagi para konsumen Perseroan mengedepankan etika dan manajemen terbaik, serta terus membangun kekuatan kompetitif dan peluang bisnis untuk menjadi unit pengelolaan hutan terkemuka.

Karyawan merupakan aset utama Perseroan, karenanya kesejahteraan karyawan menjadi perhatian utama, dari standar keselamatan kerja dan penyediaan fasilitas kesehatan hingga pelatihan kepemimpinan, manajemen, administrasi dan ketrampilan teknik, yang diselenggarakan di dalam maupun di luar perusahaan.

Kantor pusat Perseroan terletak di Rukan Komplek Permata Senayan, Blok E No. 38 Jl. Tentara Pelajar Jakarta Selatan 12210, sedangkan lokasi kegiatan usaha berada di Jl. Raya Otonom, Pasar Kemis, Cikupa, Tangerang dan di Papua Barat.

Bidang usaha Perseroan mencakup bioteknologi pertanian, Hak Pengusahaan Hutan (HPH), Hutan Tanaman Industri (HTI) dan Perdagangan. Perusahaan fokus di sektor pertanian bioteknologi khususnya kayu dan juga mendukung pelestarian bibit unggulan serta industri pengolahan biji kakao berkalitas dunia untuk pasar Global.

Berikut bidang usaha, produk dan jasa yang dihasilkan oleh Perusahaan.

HPH (HAK PENGUSAHAAN HUTAN)

Perusahaan tercatat sebagai pemasok kayu gelondongan berkualitas tinggi dan menguasai pasar lokal. Dengan memiliki izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dalam Hutan Alam (IUPHHKHA), Perusahaan selalu berkomitmen memelihara lingkungan serta kekayaan alam, khususnya hutan, secara lestari dan berkelanjutan agar tidak memberikan efek negatif pada alam.

JASA PEMBALAKAN KAYU

Selain mengolah kayu untuk kepentingan sendiri, Perusahaan juga menghadirkan Jasa Pembalakan Kayu kepada perusahaan lain yang telah menjalin kerjasama secara resmi dan diawasi pelaksanaannya oleh pemerintah.

INDUSTRI PENGOLAHAN BIJI KAKAO

Pada tahun 2016 Perseroan mengambil-alih saham Golden Harvest Cocoa Pte. Ltd., sebuah perusahaan investasi yang memiliki anak perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan biji kakao menjadi bahan baku untuk industri consumer goods